Powered by Blogger.
RSS

Musik Indonesia: Gak Kreatif & Gak Berkualitas!

Sekitar tahun 80-an ampe tahun 2006 dulu, menurut gua musik Indonesia bener-bener lagi merajai musik tanah air. Gimana enggak ? dulu itu musisi Indonesia jempolan banget ! Sejak tahun 80-an kita udah sering denger kan yang namanya musik dari negara tetangga (Malaysia) bisa dengan mudahnya masuk ke Indonesia ? gua demen banget sama yang namanya Amy “SEARCH”, rocker Malaysia yang sering duet bareng sama penyanyi Indonesia, Inka Christie. Gila ! mereka berdua tuh kalo duet nyanyiin lagu kayaknya atmosfernya gimanaaa gitu… pokoknya, menurut gua, mereka berkualitas karena mereka lebih memperhatikan musikalitas yang mereka sajikan buat penikmatnya. Bukannya dandanan yang menor, penampilan, kaca mata, atau whatever lah gaya artis jaman sekarang tuh.
Well, lagu yang paling gua demenin dari Amy dan Inka itu adalah CINTA KITA yang kalo ngedengerinnya kayaknya kebawa suasana gimanaaa gitu… pokoknya, kalo ada kata di atas amazing, awesome, terrific, ataupun incredible itu udah pasti gua curahkan buat Amy dan Inka. Tapi sekarang mereka berdua manaaaa ?! kenapa mereka seolah lenyap ditelan bumi ? jangankan untuk duet bareng, 1 lagu dari Malaysia pun gak ada yang masuk ke Indonesia, bingung gua ! okelah, kalo masalah kebudayaan kita memang selalu cekcok dengan Malaysia. Tapi untuk musik, untuk lagu pop, please dong ! gua cinta lagu lawas !
Mungkin anda semua para pembaca pasti ngeremehin saya. “Saya ini kan cuma anak SMA yang sekarang baru naik kelas 3, tau apa tentang Amy SEARCH ? Lahir juga belom sewaktu Amy duet dengan Inka, pake segala sok tau segala.” Ya it’s okay lah. Kenyataannya emang bener kalo gua belom lahir dan gua gak tau menau tentang jaya-jayanya mereka saat itu kayak gimana. Sebenarnya orang yang pertama kali ngedengerin gua lagunya Amy dan Inka itu ya kakak gua. Mereka juga bisa dibilang cukup menyenangi lagu lawas dibanding lagu jaman sekarang. Walaupun gua masih SMA gini, tapi jujur banget gua gak tertarik tuh sama musik  jaman sekarang ! gak berkualitas ! dan gak kreatif ! justru gua cinta banget sama lagu-lagu lawas. Di handphone gua aja ada 200-an lebih lagu lawas, dan cuma ada sekitar 4 lagu saat ini, dan gua sangat menikmati itu.
Oke, balik ke topik utama. Selain Amy dan Inka, ada juga group band D’lloyd kalo gak salah namanya. Gua juga demen banget ama band itu walaupun sekarang udah pada aki-aki. Tapi gua masih suka ngeliat kok di TVRI. Lagu mereka yang paling gua demenin itu yang judulnya MENGAPA HARUS JUMPA. Sumpah, itu lagu bener-bener dalem banget. Kalo anak jaman sekarang pasti pada nyebut kalo ntu lagu penggalau luar biasa.
Oh iya, gua sampe lupa sama Siti Nurhaliza, si cantik dari Malaysia. Sama kayak Amy SEARCH, sekarang juga dia udah gak pernah ngoper lagunya ke Indonesia. Entah karena dia males, atau gak dibolehin sama pemerintah Indonesia, gua juga bingung. Terakhir lagunya dia yang ada di Indonesia itu yaa sewaktu dia duet sama Krisdayanti dengan judul AMARAH, lagu yang cukup mantap. Kalo untuk lagunya Siti yang paling gua suka itu yang judulnya BUKAN CINTA BIASA, yang bikin galau luar biasa.
Beralih ke penyanyi solo Indonesia, yang berhasil bikin gua jatuh cinta itu adalah Beby Romeo, Rita Effendy, Reza Artamevia, Once, Yuni Shara, Titi DJ, Melly Goeslaw, dan Ari Lasso. Kalo gak salah, itu sekitar tahun 90-an sampe tahun 2000-an lah. Wallahi, sumpah, asli, jujur, 1 pun lagu karya mereka itu gak ada yang gak enak. Harus pake bahasa apa sih gua supaya orang tuh pada tau kalo gua bener-bener cinta sama penyanyi itu, gua demen banget ama mereka, mereka itu luar biasa, mereka itu……. gua bingung mesti ngomong apa.
Harus diakui memang, ada beberapa dari lagu mereka yang bukan hasil karya sendiri. Sebagai contoh, yang gua tau sih lagunya Yuni Shara yang liriknya itu karya DIAN PERMANA PUTRA dan DEDDY DUKUN (maaf ya kalo salah nulis nama, maklum bukan jamannya). Buat om Dian sama om Deddy, you are rock om ! lirik - lirik yang om ciptakan itu bener-bener manteppppp. Apalagi lagu yang judulnya O’YA, MAAFKANLAH, sama AKU INI PUNYA SIAPA. Itu lagu yang mantep om !
Totally, gua cinta banget sama lagu ntu orang pada ! Gua cinta sama lagunya Beby Romeo yang BUNGA TERAKHIR. Gua cinta sama lagunya Rita Effendy yang SELAMAT JALAN KEKASIH. Gua cinta sama lagu duetnya Beby Romeo dan Rita Effendy yang judulnya LAGU TENTANG CINTA. Gua cinta sama lagunya Reza Artamevia feat Masaki Ueda yang judulnya BIARLAH MENJADI KENANGAN. Gua cinta dengan lagunya Once yang DEALOVA. Gua cinta dengan lagunya Titi DJ yang BAHASA KALBU, HANYA CINTA YANG BISA, SANG DEWI. Gua cinta sama seeeeemua lagunya Melly Goeslaw dan Ari Lasso. Wallahi, gua bingung kenapa bisa tercipta manusia seperti mereka ya ? bisa nyiptain lagu sendiri, mungkin kalo masalah arransemen lagu, okelah mereka bisa minta bantuan sama musisi lain. Tapi kalo lirik, please deh ! kasih gua 1 hari buat bikin lirik lagu aja belom tentu mampu gua. Bisa dibilang, gua hapal semua lagu dari Melly sama Ari Lasso. Lagunya Melly yang dijadiin soundtrack untuk film ADA APA DENGAN CINTA, EIFFEL… I’M IN LOVE, APA ARTINYA CINTA (feat Ari Lasso) itu cuma sebagian kecil dari karyanya Melly yang menurut gua luar biasa, mantap surantap, amazing, awesome, terrific, atau apalah itu !
Oke, setelah tadi penyanyi solo era 90-an ampe 2000-an, sekarang band yang cukup merajai di era yang sama. Kalo untuk band, gua sangat-sangat cinta mati sama yang namanya DEWA 19, PADI, BASE JAM, GIGI, sama apa lagi ya ? pokoknya, banyak deh…
Gua gak tau harus comment apa buat para band itu. Terutama DEWA 19 dan PADI. Gua sangat amat tergila-gila sama lagu mereka. Apalagi gitarisnya, Andra Ramadhan (DEWA 19) dan Piyu (PADI). Kalo ngeliat mereka lagi metik gitar, roman-romannya kharismanya tuh terpancar gimanaaa gitu. Enak deh kalo ngeliat mereka main gitar. Kalo masalah lagu apa yang gua suka dari mereka, gak usah dibahas, karena gua suka semua lagu mereka. Setiap alunan nada yang keluar dari 2 band itu, ibarat surga buat gua bernostalgila… eh, nostalgia maksudnya.
Overall, apa ya ? sebenarnya yang bikin gua jatuh cinta sama lagu lawas itu apa ya ? gua tau, tapi gua bingung menjelaskannya. Gini lho, gua itu memandang seorang penyanyi solo ataupun band ketika perform itu dari segi lirik dan aransemen lagunya. Kalo untuk lirik, gua lebih suka dengan lirik lagu lawas, karena bahasa liriknya itu masih puisi banget gitu lho, ibaratnya, susah buat kita mengerti tapi enak ketika dinyanyikan. Contohnya, ada potongan lirik lagu Ebiet G. Ade, yang bunyinya, TANYAKAN PADA RUMPUT YANG BERGOYANG. Honestly, dari gua kecil ampe sekarang gua kelas 3 SMA pun gua belom tau maksudnya apa ? kan puisi banget. Dan itu semua cuma made in lagu lawas ! That’s the reason why i really love with lagu lawas. Kalo untuk arransemen musiknya, gua lebih bingung gimana cara ngejelasinnya, karena gua bukan orang yang berkecimpung di dunia seni musik. Mendingan kasih gua soal kimia aja dah, 7 hari 7 malem juga bakalan gua kerjain.
Oke, sekarang bedain aja ama lirik lagu penyanyi/band jama sekarang. Liriknya gak jelas banget. Lebih frontal, gak baku, dan gak ada puisi-puisinya pisan itu lagu. Ada lirik yang bunyinya NYONTEK, KUHAMIL DULUAN UDAH 3 BULAN, LO GUE END, IWAK PEYEK, PACAR 5 LANGKAH, KUINGIN KAU MATI SAJA, CINTA SATU MALAM <<<<<< INI LAGU APA-APAAAAAN WOOOOOY ??????!!!!!!! NYAYUR WOOOOOY !!!!!
Well, yang bikin gua jatuh cinta sama lagu lawas itu juga karena gua mandang mereka itu bener-bener para pekerja keras sejati. Bayangin aja, waktu jamannya mereka menuju ketenaran itu gak mudah, bahkan sangat berliku. Gak kayak sekarang, internet ada, tinggal ngupload video aja ke youtube, ntar kalo menarik perhatian, tinggal dipanggil produser, rekaman, tampil di acara musik, jadi artis deh. Halah…
Penyanyi dan group band lawas itu juga orang-orang yang lebih mementingkan musikalitas mereka dalam bermusik. Mereka gak peduli mau rambut mereka gondrong kek, badan mereka kurus kek, yang penting lagu berkualitas, penikmat merasa terhibur, dan mereka makin dikenal publik. Beda sama penyanyi dan group band jaman sekarang yang lebih memperhatikan penampilan. Cuma nampilin dada ama paha doang udah kayak fried chicken. Anak band-nya juga pada sok ganteng banget. Sok pake kacamata hitam, rambut digaya-gayain, pokoknya kata dia sih, itu udah gaya yang paling keren. Udah jelek mah jelek aja mas, takdir sampean itu. Eh… gak taunya lagu mereka gak laku di pasaran. Gua sih cukup males nontonnya. Mending nonton berita dah.
Oke, setelah segi penampilan diri, sekarang gua mau bahas tentang penampilan pas mereka tampil di panggung. Seorang penyanyi papan atas ataupun group band papan atas yang menjunjung tinggi professionalitas, pasti mereka tampil dengan suara asli (bukan lipsync), band-nya juga tampil live (bukan karokean). Beda ama penyanyi/group band sekarang. Gaya sok ganteng, dan sok cantik bermodalkan paha dada kayak fried chicken, tapi NYANYI LIPSYNC ! sorry, itu gak banget buat gua !
Oke, sekarang kita menilai dari sisi penonton yang menikmati. Kalo lagu lawas, penontonnya itu hadir dari kalangan elite, orang-orang kaya yang sepertinya sedang jenuh dengan rutinitas sehari-hari dan melampiaskan dengan cara nonton konser para penyanyi/group band lawas. Gua sih bukan sok tau, gua bisa berbicara seperti ini, karena gua penonton setia HARMONI - SCTV, sama acara baru DELUXE SYMPHONY - METRO TV yang isinya itu menyajikan lagu-lagu yang hits di jaman dulu, tapi dinyanyikan dengan penyanyi yang berkualitas di acara tersebut. Acara itu emang bener-bener hiburan buat para pecinta lagu lawas sejati. Kapan lagi ngedengerin lagu-lagu lawas nan mantap itu kalo gak ada acara itu ?
Oke, back to the topic. Belom lama juga gua ngeliat konser MAHAKARYA AHMAD DHANI bersama Ari Lasso, Once, Dewa 19, dan pengisi acara lainnya di RCTI. Begitu disorot penontonnya oleh kamera, Yassalaaaaam….. pakainannya tuh intelek banget. Mereka itu masih pada pake kemeja kantornya masing-masing. Yang perempuan juga sama, pakaian kantor ala perempuan gimana sih… ya begitulah. Pokoknya seisi JCC itu penuh dari ujung ke ujung cuma buat liat Dewa 19 sama Ari Lasso dan Once. Asli, penontonnya tuh gak rusuh. Mereka ngefans, tapi gak alay. Idolanya nyanyi, ya udah mereka biasa aja. Yang hapal lagunya ikutan nyanyi, yang gak hapal cuma diem aja. Ada juga yang ngerekam pake IPAD, saking inteleknya.
Bandingankan sama penonton sekarang yang suka dateng di acara penyanyi/group band jaman sekarang. Penontonnya tuh gak ada intelek-inteleknya pisan. Terkesan alay dan ujung-ujungnya itu pasti rusuh. Menurut mereka sih, mereka itu anak gaul. Roman-romannya gaul sama alay beda-beda tipis. Banyak dari mereka itu anak-anak ABG labil (ababil) yang kalo nonton konser band yang nge-rock, pasti gaya mereka angguk-anggukan gak jelas. Yang ada kutu pada loncat kemana-mana.
Well, gua cuma mau bilang sama semua musisi lawas idola gua. Please, balikin musik Indonesia kayak dulu. Buat kami bisa menikmati hasil karya indah kalian lagi. Cuma kalian yang terbaik dan terhebat sepanjang masa.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comments:

Ms. K said...

Setuju :)

Lagu lawas is THE BEST!

Salut buat yang review

Post a Comment